Kesalahan Para Pembisnis UKM Negeri Kita

8 Jun

Terjadi kesalahan yang fatal yang dilakukan para pedagang khususnya pedagang dengan skala kecil atau bisa dibilang pedagang kampung. Mereka hanya berfikir bagaimana dagangan inti yang mereka tawarkan bisa laku dan laku, begitu seterusnya sehingga mereka dapat memperoleh keuntungan. Jarang sekali para pengusaha kecil ini yang mau dan mampu mengupdate pola pikirnya dan benar-benar menjadi seorang wirausahawan yang terus berkembang dan berkembang.

Jika kita lihat, hal ini sangat berbeda sekali dengan apa yang  dilakukan oleh para pengusaha sukses skala nasional atau daerah. Apa yang mereka lakukan? Menurut saya, mereka itu tidak hanya menjual produk inti dagangan mereka namun ada beberapa hal lain yang mereka jual juga.

Berdasarkan penelitian saya, berikut ini beberapa hal yang mereka jual :

  • Produk Inti ialah produk utama yang mereka jual, misalnya empek-empek, pecel lele, dsb.,
  • Produk Formal ialah bentuk, model, kualitas/mutu, merek dan kemasan yang menyertai produk inti tsb,
  • Produk Tambahan ialah berupa berbagai servis yang mereka tawarkan untuk melayani dan memberikan kenyamanan kepada konsumen mereka. Seperti pengiriman, pemasangan, pelayanan, pemeliharaan, bonus, dsb.

Saya memang bukan pakar dalam hal perdagangan, karena saya hanyalah seorang Mahasiswa yang belajar, belajar dan terus belajar. Maksud saya membuat tulisan ini hanyalah untuk memotivasi diri saya sendiri khususnya dan para pembaca sekalian pada umumya agar tidak berpandangan sempit dalam berwirausaha. Dunia ini akan selalu maju dan hanya manusia yang mau berkembanglah yang dapat menyesuaikan diri.

Sebenarnya sembari kuliah saya juga menjalankan beberapa bisnis, seperti jual beli aksesoris komputer dan servis komputer+laptop. Dan sekarang sedang belajar menjalankan bisnis online melalui forum seperti : adsense-id.com dan juga melalui teman-teman se-kampus yang ternyata telah lebih dulu mengetahui hal tersebut.

Sekian tulisan dari saya dan semoga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, Wassalamualaikum.

 

 

 

Untuk yang mau berdiskusi dengan Penulis,, Silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah ini. Dan harap bersabar menunggu balasannya..!! :)

